Kegiatan Capita Selekta Tingkatkan SDM Dispenda

Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat terus tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna perbaikan kinerja aparatur pemerintahan di lingkungan kerjanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah secara rutin menggelar capita selekta atau diskusi dengan para pakar bidang tertentu.
Seperti yang dilaksanakan Senin (13/4) lalu, tema capita selekta yang disampaikan adalah mengenai transpormasi perpajakan berbasis teknologi informasi, dengan narasumber dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jendaral Pajak.
Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Dispenda Jawa Barat Drs. H. Idham Rahmat, M.Si mengatakan, tantangan ke depan akan semakin berat dan untuk mempersiapkan tersebut, pemerintah khususnya Dispenda terus berupaya mempersiapkan SDM terampil demi terciptanya pelayanan terbaik buat masyarakat.
“Kita terus berusaha meningkatan kepasitas pengelolaan, terutama manajemen pemerintahaan. Capita selekta yang memasuki putaran ketiga minggu ini yaitu tentang tarnspormasi perpajakan berbasis teknologi informasi. Dan tentunya tema capita selekta serta pembahasan tidak akan selalu sama setiap kegiatannya,” kata Idham di hadapan peserta apel Senin pagi.
Dalam kesempatan tersebut, Idham pun mengajak semua aparatur pemerintahan yang ada di lingkungan Dispenda memahami konsep kepemimpinan. Juga. pemahaman tiga hal penting dalam peningkatan keahlian, dimana hal tersebut dapat menjadi bahan peningkatan kualitas SDM yang berimbas meningkatnya pelayanan Dispenda ke masyarakat.
“Kita harus punya kealhian yang memadai. Salah satu konsep adalah, tiga pilar yakni, kognitif, afektif atau mental kita komitmen perasaan kuat, dan satu pilar lagi adalah psikomotorik. Selain itu, kita pun harus ingat tunduk pada norma, sampai peraturan, UU administrasi pemerintahan, itu menjadi rambu-rambu bersikap dan bertindak kita,” ucapnya. ***