mekanisme pembayaran e-samsat jabar

Teknologi Informasi Memudahkan dan Transparan

Perkembangan teknologi informasi (TI) dapat dimanfaatkan maksimal seperti untuk mendukung pelayanan publik. Dengan TI, bukan hanya memangkas biaya tapi juga mencegah penyelewengan.

“Pelayanan dengan teknologi, tidak hanya cepat tapi juga transparan. Selain itu, dapat memangkas biaya yang tidak perlu dan mencegah penyelewengan-penyelewengan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengomentari E-Samsat di Bandung, 22 November lalu.

Yudi menambahkan, pihaknya mengapresiasi pemerintah Jawa Barat yang sudah banyak menerapkan pelayanan dengan memanfaatkan TII dalam pelayanan publik.

“Pelayanan dengan teknologi juga menjadi jawaban bagi masyarakat yang menginginkan payanan publik yang cepat dan transparan,” katanya.

Saat ini, sambung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Korea Selatan dalam pemanfaatan teknlogi informasi dalam proses tata kelola kepemeritahan.

“Kedepan seluruh pelayanan masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi, sebab akan memudahkah, transparan, dan menjauhkan dari proses birokrasi berbelit dan berbiaya tinggi,” pungkasnya. ***