Kunjungan Study Banding Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat

Bandung(6/5)- Sebagai tindaklanjut dari rencana pengembangan implementasi teknologi informasi untuk mengoptimalkan pemungutan pajak daerah, Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat mengirim 12 orang peserta yang terdiri dari perwakilan dari Puslia, Bidang Pajak, Bidang Pengendalian dan Pembinaan serta Bidang Perencanaan dan Pengembangan untuk melaksanakan kegiatan studi banding ke Samsat Tanjung Pandan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari Kamis danJumat (18-19/4).
Rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Bapak Drs.Idam Rakhmat,M.Si.Dalam kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut, rombongan melakukan kunjungan kerja ke Samsat Tanjung Pandan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terletak di Jl. Yos Sudarso Kabupaten Kepulauan Belitung, Kamis (18/4).Pada kesempatan itu rombongan diterima oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Samsat Tanjung Pandan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zulhair Arsyad. Rombongan bersilaturahmi dan mengikuti expose terkait dengan pelaksanakaan kegiatan teknis pemungutan pajak daerah, permasalahan dan solusi penanganannya.
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan diskusi terkait upaya-upaya yang dilakukan oleh masing-masing instansi dalam rangka optimalisasi sumber-sumber potensi penerimaan asli daerah, dan kemungkinan-kemungkinan peningkatan hubungan yang positif antara kedua instansi berbeda provinsi.Kunjungan ini bukan untuk membanding-bandingkan potensi penerimaan antara kedua provinsi, namun lebih difokuskan pada saling tukarin formasi menyangkut kegiatan pelayanan, permasalahan-permasalahan pelayanan dan solusi yang dihasilkan,jelas Idam Rakhmat.
Rombongan juga melakukan kunjungan langsung terhadap proses pelayanan yang saat itu sedang berlangsung sehingga melihat berbagai aktivitas kegiatan pelayanan yang dilakukan serta perangkat hardware dan software yang digunakan untuk berbagai aktifitas pelayanan. Menurut pengamatan, banyak hal positif yang bisa diambil terkait dengan kunjungan ini utamanya terkait dengan penanganan kendaraan berplat nopol luar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang banyak beroperasi sebagai kendaraan rental di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.
Selanjutnya rombongan kembali ke Kota Bandung pada pukul 16.00, menggunakan pesawat dari Bandara Buluh Tumbang Kepulauan Belitung menuju Jakarta.

Silahkan gunakan Halaman Saran, Pengaduan & Permintaan Informasi, agar semua pertanyaan, saran, kritik dan keluhan Anda dapat kami respon dengan cepat dan efektif.
Kami tidak bisa memonitornya apabila Anda menuliskannya di kolom komentar.

Untuk mengetahui Informasi mengenai besaran Pajak Kendaraan Anda,
silahkan kunjungi halaman Info PKB.