Evaluasi Rekam Jejak dan Kinerja
I. PENILAIAN KINERJA
A. Kinerja PPPD berdasarkan penilaian kantor Bapenda Provinsi Jawa Barat, meliputi:
- Ketaatan pelaporan kinerja periodik
- Kesesuaian pelaporan dan kondisi riil
- Prestasi Kerja
B. Kinerja Kerjasama PPPD dengan stakeholder. Meliputi Pemerintah Kota/Pemerintah Kabupaten (Pemkot/Pemkab), Kecamatan sampai dengan Desa/Dusun, Kepolisian, BJB, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan (Dishub), Lembaga-Lembaga leasing, komunitas, masyarakat, Kader Pajak, dan wajib pajak (WP).
C. Program PPPD di lapangan dan realisasinya, meliputi:
A. SWOT Analysis
- Jumlah staf, usia kerja, dan kepangkatan staf.
- Jumlah wilayah kecamatan yang dilayani.
- Jarak dengan kecamatan terjauh.
- Rasio staf berbanding kecamatan yang dilayani.
- Desain interior ruang kerja, tingkat kenyamanan kerja dan efisiensi flow of documents.
- Desain interior publik facilities, fasilitas layanan untuk WP dan tingkat kenyamanan WP.
B. Pemetaan SWOT dan rencana strategis yang akan dilakukan berdasarkan SWOT analysis
C. Upaya Inovasi realistis yang telah dan akan dilakukan berdasarkan SWOT seperti pada:
- Inovasi sistem untuk mengantisipasi rasio usia kerja/kepangkatan staf
- Inovasi sistem untuk mengantisipasi rasio stf berbanding jumlah kecamatan yang dilayani.
- Inovasi desain interior ruang kerja tingkatan kenyamanan kerja.
- Inovasi efisiensi aliran dokumen.
- Inovasi desain interior fasilitas publik, fasilitas layanan untuk WP dan tingkat kenyamanan WP.
II. PROGRAM DIGITALISASI SAMSAT
A. SWOT Analysis PROGRAM DIGITALISASI LAYANAN E-Samsat, Samsat Outlet, Samling, Samdong, Samsat Drivethru, Samsat (Cek Fisik) Ka Bumi.
B. Penilaiai dilakukan atas:
- Jumlah staf organik yang dilibatkan.
- Jumlah staf outsourcing yang dilibatkan.
- Konsistensi jadwal buka layanan.
- Tingkat kunjungan WP ke layanan tersebut.
- Tingkat transaksi WP di layanan masyarakat.
III. KESIAPAN DAN KUALITAS PRESENTASI
A. Kualitas dan Kelengkapan Powerpoint
- Penjelasan 360 derajat seputar kinerja PPPD.
- Penjelasan kinerja program layanan: Samsat Outlet, Samling, Samdong, E-Samsat, Drivethru, Sa,sat (Cek Fisik) Ka Bumi.
- Program unggulan baru PPPD (bobot penilaian) AIPKB tertinggi.
- Penjelasan Kinerja Kerjasam PPPD dengan stakeholder dengan Pemkot/Pemkab, Kecamatan, Kepolisian, BJB, dan bank lainnya, Jasa Raharja, Dishub, Leasing, Komunitas, Masyarakat, Kader Pajak, dan WP.
- Penjelasan Inovasi yang telah dan akan dilakukan PPPD selain butir-butir di atas.
B. Diskusi saat tanya-jawab.
C. Lampiran berupa bukti-bukti yang mendukung dan memperkuat pernyataan pada saat presentasi.