Wagub Jabar Deddy Mizwar Forum Pendapatan Daerah

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat menggelar forum yang dihadiri oleh 125 peserta dari seluruh perangkat daerah penghasil Provinsi Jawa Barat dan Bapenda Kabupaten Kota Se-Jawa Barat, (3/15/2017). Acara tahunan yang diberi nama Forum Perangkat Daerah Bapenda Provinsi Jabar ini mengambil tema “Mempertahankan Daya Saing Kinerja (Pendapatan & Pelayanan) yang Berkelanjutan”.

Forum Perangkat Daerah Bapenda Prov Jabar ini menjadi wadah antar pelaku pembangunan tingkat provinsi beserta stakeholder sejenis di kabupaten dan kota, maupun stakeholder lainnya. Tujuan dari diadakannya forum ini adalah untuk merumuskan dan menyepakati berbagai agenda program prioritas dan kegiatan tahun 2018 mendatang, termasuk apa saja yang harus dilakukan oleh Bapenda Prov Jabar maupun mitra lainnya.

Sejumlah sasaran yang ingin dicapai dalam forum ini yaitu:

  1. Disepakatinya usulan kegiatan prioritas program kegiatan tahun 2018.
  2. Disepakatinya sinergi usulan kegiatan prioritas SKPD penghasil yang akan disampaikan kepada TAPD.
  3. Tumbuhnya terobosan-terobosan baru dalam perencaaan kinerja pendapatan guna menemukan inovasi-inovasi baru yang makin memperkuat kapasitas pendapatan daerah sesuai dengan potensi kekinian yang ada.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengapresiasi atas diselenggarakannya acara ini. Menurutnya forum ini sangat penting bagi Bapenda Prov Jabar dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.

“Saya mengapresiasi atas diselenggarakannya acara ini. Saya kira tema yang diangkat sangat penting, tepat dan relevan dengan seiring dinamisnya tantangan yang harus dihadapi oleh Bapenda, dalam rangka meningkatan mutu pelayanan publik dan optimalisasi kinerja pendapatan daerah,” tutur Deddy saat memberikan pidato pembuka acara.

Guna memperkuat rumusan agenda program, forum ini juga menghadirkan beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber ahli. Berikut judul materi yang diberikan kepada perserta forum:

  1. Proyeksi Ekonomi Makro tahun 2018 yang dapat dimanfaatkan untuk pendapatan daerah Jawa Barat, oleh Dr. H. Abdul Maqin, SE, MP (UNPAS),
  2. Arah Kebijakan Pembangunan Jawa Barat, oleh Kasubbid Pemerintahan Bappeda Iman Tohidin, S.Sos., MAP,
  3. Evaluasi Terhadap Realisasi Penjualan KBM Roda 4 Tahun 2016 dan Estimasi Penjualan KBM Roda 4 Tahun 2018 serta Market Share ke Wilayah Jawa Barat, oleh Sekretaris I Gaikindo Eddy Sumedi.
  4. Trik Jitu Mengawal Kualitas Pelayanan Perpajakan Daerah oleh Deputi Pencegahan KPK, Asep Rahmat Suhanda.
  5. Kewirausahaan untuk Mengelola Pendapatan, oleh Kepala Kantor Regional V PT. POS Indonesia, Hendrasari, SE., MM.

Forum ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok A yaitu bidang pendapatan daerah, sedangkan kelompok B adalah peningkatan kualitas pelayanan public. Arahan kebijakan pimpinan Bapenda 2018 serta paparan dari narasumber menjadi bahan pembahasan kelompok. Pada akhir acara, kesepakatan diskusi kelompok A dan B dituangkan pada berita acara serta menjadi bahan penyempurnaan usulan RKPD.