Jabar, Pelopor Pelayanan Publik Paling Inovatif di Indonesia

“Jabar lagi… Jabar lagi… yang memiliki inovasi.”

Demikian yang diungkapkan Wakakorlantas Polri, Kombes Pol. Indrajit, saat menghadiri Grand Launching e-Samsat online BRI dan Bhabinkantibmas Kabumi di Cihampelas Walk, Bandung, Jumat (20/05).

Menurutnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dituntut untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, yang mana dalam hal ini adalah layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).  Dan di wilayah Jawa Barat, kerjasama keduanya dibuktikan dengan terobosan layanan e-Samsat online dan Bhabinkamtibmas kabumi.

Indrajit  berharap, inovasi yang dilakukan oleh Polda Jawa Barat  mampu memotivasi Polda lainnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara mengenai  Sistem Pelaporan dan Informasi Bhabinkamtibmas (SISPITIBMAS) dan Bhabinkamtibas Kabumi,  Nana Sudjana menjelaskan bahwa inovasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengetahui jumlah pemilik kendaraan , serta untuk mengamankan data registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (Regident ranmor).

Di wilayah Polda Jawa Barat sendiri saat ini terdapat kurang lebih 362 Bhabinkamtibmas di setiap Polsek. Dan melalui Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memberikan data jumlah wajib pajak kendaran bermotor secara cepat, akurat, aman, akuntabel, dan informatif.

Di tempat yang sama, Wakapolda Jawa Barat kombes Pol Nana Sudjana menambahkan terobosan dan inovasi e-Samsat Online yang menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan semakin memudahkan masyarakat  Jawa Barat untuk melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor.

Nana Sudjana pun berharap dengan adanya e-Samsat online BRI akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jawa Barat.