Melalui e-Samsat, Waktu dan Tempat Tidak Menjadi Halangan untuk Membayar PKB

Electronic Samsat atau biasa disingkat e-Samsat merupakan sebuah terobosan yang dikembangkan oleh tim pembina samsat Jawa Barat (Dispenda Jabar, Polda Jabar, dan PT. Jasa Raharja) guna mempermudah Wajib Pajak (WP) untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum Jawa Barat. Selain itu, layanan e-Samsat  Jabar juga diharapkan dapat mengurangi kontak langsung antara WP dengan petugas samsat sehingga praktik percaloan dan pungli dapat dihindari.

Sistem e-Samsat  Jabar pertama kali diresmikan pada bulan November tahun 2014 lalu dimana pada awalnya e-Samsat  Jabar hanya dapat digunakan pada mesin ATM milik Bank BJB. Karena pada saat itu tim pembina samsat Jabar baru bekerja sama dengan Bank BJB sebagai Bank persepsi. Pada akhir bulan April 2016 tim pembina samsat Jabar meresmikan kerjasamanya dengan dua bank swasta besar yang beroperasi di seluruh Indonesia yaitu bank BCA dan bank BNI.

Dengan bertambahnya jumlah bank yang bekerjasama dengan tim pembina samsat Jabar untuk menerima setoran pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum Jawa Barat diharapkan dapat memberikan WP kemudahan, kecepatan, proses pembayaran yang lebih praktis dan fleksibel serta terhindar dari praktik percaloan. Bila Anda datang ke kantor samsat, samsat outlet, atau samsat drive thru maka Anda harus mengikuti hari dan jam kerja yang telah ditentukan agar dapat membayar pajak kendaraan Anda. Beda halnya apabila Anda membayar pajak kendaraan melalui e-Samsat  Jabar dimana Anda dapat membayar pajak kendaraan Anda melalui mesin ATM bank BJB,  BCA, dan BNI selama 24/7 (24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu) tidak ada istilah tutup atau libur. Dengan jumlah mesin ATM ketiga bank yang lebih dari 30 ribu buah dan tersebar di seluruh Indonesia, maka seharusnya WP akan lebih mudah dalam melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraannya sehingga tidak ada istilah males, tidak waktu, ngantri, dan alasan-alasan klasik yang sering digunakan ketika kita sedang enggan untuk melaksanakan kewajiban kita.

Untuk dapat menggunakan layanan e-Samsat  Jabar ada sembilan persyaratan yang harus Anda penuhi, yaitu :

1. Wajib Pajak  Dengan  Data Kepemilikan Kendaraan yang Sesuai Dengan  Data  yang ada dalam server samsat Dispenda  Jabar.

2. Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.

3. Wajib Pajak memiliki telpon dan nomor seluler yang aktif.

4. Wajib Pajak Memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA dengan identitas yang sama dengan data kendaraan dimaksud.

5. Kendaraan yang dapat didaftarkan ulang adalah kendaraan yang NIK/No.KTP pemiliknya sama antara yang terdaftar di server samsat dan di Rekening Bank BJB atau Bank BNI atau Bank BCA.

6. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahun.

7. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahun.

8. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.

9. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan/badan sosial).

Jika dahulu Anda harus mengirimkan sms terlebih dahulu untuk mendapatkan kode bayar yang digunakan ketika melakukan pembayaran di mesin ATM, saat ini ada cara lain untuk membayar pajak kendaraan tanpa menggunakan kode bayar melainkan menggunakan masa berlaku pajak yang dapat Anda lihat di lembaran SKPD Anda. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana membayar menggunakan mesin ATM BJB, BNI, dan BCA dapat Anda lihat di http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

Sebagai WP kendaraan bermotor sudah selayaknya Anda memilih satu dari berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mempermudah Anda dalam melaksanakan kewajiban Anda. Apapun pilihan layanan Anda untuk membayar pajak kendaraan bermotor yang perlu diingat adalah bahwa sebagian dana dari pajak kendaraan bermotor yang Anda bayarkan setiap tahunnya digunakan untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum di Kabupaten/Kota dimana kendaraan anda terdaftar.

  • Julius

    Selamat Siang, Per hari ini saya sudah mencoba untuk esamsat melalui atm bca dan bri hasilnya gagal. bisa dibantu tidak pak.. No Pol. B 3252 EBC kode bayar 3210102605170013 terimakasih

    • Mohon dipastikan NIK pemilik rekening sudah sama dengan NIK pemilik kendaraan sesuai dengan data yang terdaftar di kantor Samsat.

      Tks~Arrie

      • Julius

        sudah pak nik yg disamsat dan dibank sdh sama..trims

        • Mohon di informasikan NIK nya Pak.

          Tks~Arrie

          • Julius

            berikut info nik nya pak
            3276012607830002

            terimakasih

          • Mohon maaf pak, apa bisa dicoba di mesin ATM yang lain dan dipastikan saldo rekening mencukupi. Karena pada sistem kami tidak ada masalah (WP yang lain dapat melakukan pembayaran pajak melalui e-Samsat secara lancar).

            Tks~Arrie

          • Julius

            saya sudah coba di dua tempat atm bca yg berbeda dan 1 lokasi bri.. tetap sama pak.. untuk saldo tersedia pak.. sy coba kembali mlm ini. terimakasih

  • Afgyy Widya

    Selamat Siang, saya mau bayar PKB dan motor saya Plat L tetapi posisi motor saya ada di Bandung. apa saya bisa bayar PKB di daerah Bandung dan sekitaranya ?

  • awan89Aone

    selamat siang Pak,
    saya sms kode bayar dengan format esamsat MH3RG1810GK186176 1208162901890003
    dapet balasan begini nik sms = 1208162901890003 nik samsat = 3271062901890003 perbiki data nik anda ke samsat.

    apakah harus daftar di e-samsat dulu atau bagaimana?
    tolong bantuannya, Terimakasih.

    • NIK pemilik rekening berbeda dengan NIK pemilik kendaraan. salah satu syarat menggunakan eSamsat adalah NIK pemilik rekening maupun NIK pemilik kendaraan harus sama. Silahkan disesuaikan NIK sesuai dengan NIK KTP saat ini di bank

      Tks~Arrie

  • Eko Ristiyanto

    Saya sudah melakukan prosedurnya semua sesuai mobil dan rek BNI sudah sesuai dan dapat balasan kode bayar sekian sekian..saat transaksi di ATM BNI ..tidak dapat diproses transaksi jam 21an malam..kenapa ya?

    • Eko Ristiyanto

      No pol B 1896 KJG saat sms gateway dapat balasan jumlah dan kode bayar tetapi saat bayar atm bni transaksi tidak bisa diproses..kenapa ya

      • Kemungkinan besar karena pada jam tersebut telah berlangsung proses tutup buku harian dari bank Pak. Alangkah baiknya jika transaksi eSamsat digunakan selain pada waktu jam tutup buku harian bank.

        Tks~Arrie

        • Yopi Sulisyono

          Maksudnya wkatu jam tutup harian itu seperti jam istirahat??

  • Akhmad Kusaeni

    Untuk pajak yang terlambat 1 th apa masih bisa bayar online

  • Ai Lilis Majmulah

    Pakai ATM BRI juga bisa kan? Saya kirim SMS tapi ga ada balasan.. pake kode dr masa berlaku nggak bisa diproses kata mesin ATM nya.. mhon bantuannya

  • AJ’eng Rahmat Sutardi

    Mohon bantuanya…sudah coba kirim sms ke nomor yang dimaksud untuk mendapatkan kode pembayaran tapi balasanya “DUPLIKASI NO.RANGKA, LAKUKAN PEMBAYARAN DI SAMSAT INDUK” maksudnya bagaimana ya?terima kasih

    • Silahkan datang ke kantor samsat induk dimana kendaraan terdaftar Pak, dengan membawa persyaratan seperti STNK, KTP, dan BPKB asli dan datangi loket informasi

      Tks~Arrie

  • Yopi Sulisyono

    Saya ingin tanya, kenapa pas saya ingin bayar pajak kendaraan lewat ATM terdapat tulisan “Kode Bayar Tidak Terdaftar”, apa maksudnya hal tersebut?
    mohon penjelasannya, terimakasih