Dispenda Peduli Ibu Menyusui

Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jawa Barat tidak hanya terus berjuang memperbaiki pelayanan dalam hal pembayaran pajak kendaraan. Di sisi lain, perhatian juga diberikan kepada para ibu dan anak dengan ketersediaan ruang khusus untuk tempat menyusui.

Interior ruangan akrab dan khas dengan nuansa anak-anak ini, menjadi salah satu sarana yang dimiliki Dispenda. Ruangan ini meskipun belum sering dipergunakan, namun cukup terawat dan nyaman jika suatu waktu ada yang membutuhkannya.

Seperti yang diamanahkan dalam PP No.33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif, Dispenda Jabar pun langsung mengadakan ruang laktasi atau ruang khusus ibu dan anak untuk menyusui di kantornya.

Ruang laktasi sangatlah penting untuk mendorong pemberian ASI ekslusif. Berdasarkan data dari WHO hingga tahun 2012 ini, pemberian ASI ekslusif baru 37 persen dan baru terpenuhi di 26 negara. Rendahnya pemberian ASI ekslusif ini, salah satunya disebabkan oleh minimnya ruang laktasi.

Ruangan yang berada disamping gedung Dispenda ini, diharapkan memberikan kemudahan bagi pegawai untuk memberikan ASI eksklusif, dimana hal itu harus dilakukan sejak bayi berusia 0-6 bulan. Bahkan ketika usianya menginjak dua tahun.***