Ini Dia Kepala Dispenda Baru

Kepala Biro Pengadaan Barang Daerah (PBD) Setda Jawa Barat Dadang Suharto dilantik Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah pada Jumat (24/10) kemarin. Pelantikan Dadang menggantikan posisi yang sebelumnya diisi sementara Iwa Karniwa menjadi kejutan dalam pelantikan.

Dikutip dari sejumlah laman media, Dadang mengaku penunjukan dirinya sebagai pemimpinan dinas yang mengelola kas daerah tersebut tak disangka-sangka. “Saya baru tahu pas dilantik, sebelumnya bekerja biasa saja,” katanya, Sabtu (25/10).

Menurutnya memimpin Dispenda adalah amanah berat karena harus terus menggenjot penerimaan asli daerah dari sektor pajak. Namun dia menilai pekerjaannya agak ringan karena Iwa Karniwa telah meletakan bangunan sistem yang kuat.

“Pak Iwa sudah membangun sistem dan soliditas, saya tinggal melanjutkan,” ujarnya.

Dadang sendiri sebelumnya dinilai moncer saat menukangi Biro PBD. Di tangannya, persoalan ribuan aset Pemprov Jabar yang tercecer bisa dikejar dan dirapihkan. Dia juga salah satu pejabat yang mendorong konsep built operate transfer (BOT) sejumlah aset Pemprov agar lebih memiliki nilai setelah dibangun pihak swasta.

“Tugas saya sekarang menggali potensi pajak daerah yang masih besar,” ujarnya.

Di Dispenda Jabar tangan dingin Dadang akan diuji mengingat target PAD Jabar dari tahun ke tahun terus meningkat. Sanggupkah Dadang bekerja keras seperti yang sudah dilakukan pemimpin sebelumnya?. ***