WTP Ke-empat Dikejar, Kerja Keras Terus Dilakukan

Pemprov Jabar melakukan persiapan guna dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualiaan (WTP) BPK terhadap laporan keuangan Tahun Anggaran 2014.

Menurut Plt Kadispenda Jabar yang sekaligus Asisten Administrasi Setda Jabar Iwa Karniwa, kesiapan tersebut dilakukan pada triwulan keempat tahun ini.

“Di antaranya kami meminta OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) melakukan akselerasi penyerapan anggaran di sisa waktu yang tersedia,” jelas Asisten Administrasi Setda Jabar Iwa Karniwa kepada wartawan di Gedung Sate, Bandung, pekan kedua Oktober lalu.

Dijelaskan, target WTP keempat kalinya ini memang membutuhkan kerja keras lebih keras terutama menyelesaikan pekerjaan rumah yang harus dibenahi dalam penyajian laporan keuangan.

Hal ini tidak terlepas dari upaya mempertahankan yang akan jauh lebih sulit karena BPK akan memeriksa lebih mendalam atas penyajian laporan keuangan.

“Kami berharap opini WTP ini masih bisa dipertahankan. Selain kepada OPD, kami juga giat melakukan bimbingan teknis pada seluruh kasubag keuangan, bendahara penerimaan, dan pengeluaran OPD-OPD di lingkungan Pemprov Jabar,” ujarnya.

Iwa meminta OPD mampu meningkatkan kualitas penyusunan laporan keuangan seperti dalam standar akuntasi pemerintahan (SAP). Laporan keuangan 2014 disebutnya masih berbasis kas menuju penggunaan basis akrual pada 2015. (**)