Jabar Genjot Lima Sumber Pajak

Plt. Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda), Iwa Karniwa mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang menggenjot lima pungutan pajak guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Dalam APBD Perubahan 2014 mengalami peningkatan target PAD sebesar Rp13,311 triliun atau meningkat sebesar 8,97% dari target murni 2014.

Menurutnya, lima jenis pungutan pajak tersebut adalah pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak bahan kendaraan bermotor (PBKB), pajak air permukaan (PAP), dan pajak rokok.

“Kenaikan PAD di APBD Perubahan 2014 mencapai Rp1,09 triliun. Untuk mewujudkannya kita koordinasi dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) pengolaan pendapatan kabupaten/kota dan tim Pembina Samsat Jabar,” kata Iwa.

“Kami berharap seluruh pihak aktif membantu pelaksanaan kegiatan intensifikasi pungutan pajak daerah yang kami lakukan,” lanjutnya.

Iwa mengatakan, rincian target perubahan ini di antaranya untuk PKB sebesar Rp4,571 triliun, BBNKB Rp5,22 triliun, PAP Rp48 miliar, PBBKB Rp1,83 triliun, dan pajak rokok Rp1,634 triliun. Sementara hingga Agustus 2014, Dispenda sudah mencatat target tercapai 67,03 persen.

“Kami optimistis target akan tercapai karena realisasi hingga Agustus lalu mencapai 67,03 persen,” tutur dia.***