Dispenda Terus Berinovasi dengan Hadirnya PUSLIA

Teknologi saat ini memang sudah menjadi hal yang penting untuk menunjang kemudahan bekerja. Tidak terkecuali di Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat yang terus berinovasi untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Aplikasi Pendapatan Fajar Librianto,S.Si,MM ,ada beberapa aplikasi pendukung Dinas Pendapatan Jawa Barat untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat, selain kemudahaan dan keakuratan data pendapatan perharinya.

“Aplikasi Geographic Information System (GIS) ini dapat memberikan informasi terkait batas cakupan wilayah pelayanan kantor Cabang dan potensi kendaraan bermotor Dispenda Jawa Barat di wilayah,” jelasnya

Selain GIS, Network Monitoring System (NMS), perlu diacungkan jempol.  Sebab, dengan aplikasi ini pelayanan pajak di setiap tempat pelayanan  akan terpantau. Bahkan, saat tidak melakukan pelayanan akan terlihat  dengan berubahnya lampu indikator yang ada di kantor Dispenda Jawa  Barat.

“Misalnya di salah satu tempat tidak melakukan pelayanan. Akan terlihat, jadi kita dengan mudah melakukan pengecekan terhadap petugas di lokasi tersebut,” bebernya.

Tidak hanya itu, program-program yang menjadi tugas berat Pusat Pengelolaan Informasi dan Aplikasi Pendapatan (PUSLIA) untuk mengelola dan mengembangkannya, juga memiliki beberapa program lainnya seperti EIS (eksekutif informasi sistem) untuk memantau pendapatan secara real time.

“Ada layanan Sms Info yang dapat digunakan untuk memberikan informasi terkait besaran pajak pokok via sms dan beberapa program lainnya. Harapan kita tentunya, ingin memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sesuai visi misi Dispenda,” pungkasnya. ***